Kamboja Salip Ranking Indonesia di FIFA

13 Januari 2017 13:54
Pemain-pemain timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2016. (foto: int)

UNTUK ranking FIFA tak ada yang terjadi perubahan di urutan 10 besar. Namun perubahan terjadi oleh Tim nasional sepak bola Indonesia yang saat ini di peringkat 173, disalip Kamboja satu peringkat di atas dengan selisih satu poin.

Tidak banyak pertandingan internasional yang terjadi sepanjang pergantian tahun. Poin hasil penyelenggaraan Piala AFF yang berakhir pertengahan Desember sudah diperhitungkan dalam daftar ranking bulan lalu. Hasilnya, Argentina menghuni peringkat paling atas diikuti Brasil dan Jerman.

Di kawasan Asia Tenggara, Filipina masih menghuni peringkat tertinggi. The Azkals menghuni peringkat 122 dan diikuti oleh juara Piala AFF 2016, Thailand, di peringkat 126. Setelahnya, berturut-turut diikuti Vietnam, Myanmar, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Peringkat Indonesia menurun dua spot dan disalip oleh Kamboja, yang mengagendakan uji coba melawan Arab Saudi, akhir pekan ini. Dua tim Asia Tenggara dengan peringkat paling bawah adalah Brunei Darussalam dan Timor Leste.

FIFA mencatat, dua negara sukses menembus 50 besar, yaitu Arab Saudi dan Nigeria. Pergerakan terbaik dialami Suriname yang naik 22 tangga ke peringkat 128, sedangkan Swaziland berhasil mencatat peringkat terbaik mereka di posisi 99. Peringkat FIFA berikutnya akan dilansir 9 Februari. (gk)

Comments